Jumat, 05 Februari 2010

kecerdasan buatan

APLIKASI BOTQA UNTUK MENINGKATKAN CARA INTERAKSI MANUSIA DAN MESIN

Intisari

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan bagian dari ilmu pengetahuan komputer yang ditujukan untuk perancangan otomatisasi tingkah laku cerdas dalam sistem kecerdasan komputer. Dengan demikian diharapkan komputer bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia, seperti berpikir dan belajar. Kecerdasan merupakan kemampuan untuk memperoleh, mengerti dan menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menyelesaikan persoalannya yang dihadapinya.
Salah satu alternatif penggunaan jasa komunikasi melalui internet yang sangat diminati saat ini adalah fasilitas Internet Relay Chat (IRC) atau chatting atau question answer (QA). QA yang umumnya dilakukan oleh dua orang atau lebih yang keduanya harus terhubung dengan jaringan internet. Namun saat ini dengan bantuan kecerdasan buatan memungkinkan conversation dapat dilakukan oleh satu orang saja (www.zabaware.com). Dengan menerapkan kecerdasan buatan maka seseorang dapat melakukan percakapan dengan sebuah “robot” atau program yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat saling berinteraksi dengannya seperti halnya percakapan dengan orang lain. Aplikasi percakapan yang dibuat pada penelitian ini dinamakan BotQA yang merupakan singkatan dari roBot Question Answer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat dapat melakukan percakapan menggunakan kalimat bahasa Indonesia sederhana dan respon yang diberikan disertai dengan animasi ekspresi wajah.

Kata kunci : artificial intelligence, question answer, robot, bahasa Indonesia

* Artikel ini termuat dalam Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) 2007. ISSN 907-5022)

* Sumber :http://artikelit.com/artikel/aplikasi-botqa-untuk-meningkatkan-cara-interaksi-manusia-dan-mesin

Lt6Si99x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar